Ad Code

Responsive Advertisement

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Peran Sinar Matahari bagi Tubuh Manusia


Tidak ada satupun ciptaan Allah SWT yang tidak berguna begitupun matahari. Tubuh manusia membutuhkan asupan sinar matahari setiap harinya. Sinar matahari mengaktifkan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Vitamin D berperan penting dalam metabolisme kalsium dan fosfor. Berkat vitamin D, absorpsi (penyerapan) kalsium oleh organ pencernaan akan diperbaiki dan kalsium dan fosfor dari tulang disebar. Tidak hanya itu, vitamin D juga berperan dalam mengendalikan keseimbangan dan pengeluaran mineral dalam darah. Sehingga kekurangan vitamin ini akan mengakibatkan gangguan penyerapan kalsium dan fosfor pada saluran pencernaan dan gangguan mineralisasi struktur tulang dan gigi. 

Selain itu juga, sinar matahari menghasilkan banyak vitamin D3 dan zat serotonin yang dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik sehingga mengurangi dampak gangguan afektif musiman atau juga biasa disebut winter depression, winter blues, summer depression, summer blues, or seasonal depression.  Dampak psikologis ini, sering ditemui di negara-negara yang mengalami musim dingin. Orang yang menderita gangguan ini menjadi sangat lelah dan merasa tertekan sepanjang musim atau saat cuaca ekstrem terjadi. Maka bersyukurlah kamu jika tinggal di negara tropis yang mudah menemukan sinar matahari. 

Waktu Baik Bertemu Matahari

Namun, untuk mendapatkan manfaat sinar matahari secara optimal, keluarlah sebelum jam 10 pagi dan sore hari sejak pukul 3 sore hingga matahari terbenam. Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan durasi berada di bawah sinar matahari. Untuk mendapatkan manfaat sinar matahari yang maksimal bagi tubuh, disarankan untuk menghabiskan waktu sekitar 20 hingga 30 menit di pagi dan sore hari. Di waktu inilah sinar matahari dinilai lebih menyehatkan dan tidak membahayakan. 

Mengapa Perlu Sun Protection
Saat bertemu matahari, jangan lupa untuk menggunakan sun protection (minimal yang mengandung SPF 15) dan kacamata hitam terlebih dahulu. Apalagi bila kita menghadapi matahari di luar jam baik untuk bertemu. Sinar matahari akan semakin garang dan berefek buruk yang berdampak langsung seperti kulit yang terbakar, hingga efek jangka panjang seperti penuaan dini hingga kanker kulit. Seperti pengalaman pribadi saya ketika naik gunung di pukul 12.00 WIB tanpa menggunakan sun protection. Kulit saya langsung memerah yang lanjut menjadi hitam kusam, bersisik bahkan hingga terkelupas.

Efek bila tidak pakai sun protection
Untuk mencegah hal tersebut tentu saja dengan penggunaan sun protection. Sebutan yang sering didengar untuk produk yang melindungi kulit dari sinar matahari ini pasti tidak jauh-jauh dari sunscreen dan sunblock. Tapi apa bedanya? 

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen
1. KANDUNGANNYA
  • Sunblock ( Physical sunscreen) memiliki kandungan mineral seperti zinc oxide adalah mineral sintetik yang bertugas untuk memecah panas dan energi yang dilepaskan oleh sinar UV, menghalangi radiasi sinar UV bahkan sebelum mencapai permukaan kulit. Zinc oksida juga mempunyai kandungan yang mampu dari anti iritasi dan dapat melindungi kulit sensitif. Sementara, titanium dioxide adalah mineral alami yang memilki kemampuan reflektif dan kestabilan yang baik sehingga tidak akan terurai di bawah sinar matahari. 
  • Sunscreen (Chemical sunscreen) mengandung Octylcrylene, Avobenzone (filter UVA yang paling tidak stabil dan terurai di bawah matahari), Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T 150, dan Uvinul A Plus.

2. CARA KERJANYA
  • Sunblock: Menghalau sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit. 
  • Sunscreen:  Memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. 

3. PENGAPLIKASIAN YANG BENAR
  • Sunblock: digunakan 30 menit sebelum  terpapar sinar matahari dan mengaplikasikan ulang setiap 2-3 jam agar mendapatkan hasil yang lebih efektif.
  • Sunscreen: Diaplikasikan 20-30 menit sebelum Anda berada di bawah sinar matahari, karena kandungannya membutuhkan waktu untuk menyerap ke dalam kulit dan mengaplikasikan ulang setiap 2-3 jam agar mendapatkan hasil yang lebih efektif.

4. TEKSTUR
  • Sunblock: Tekstur berat dan meninggalkan warna putih saat dioleskan pada kulit
  • Sunscreen: Ringan dan hasil transparan saat diaplikasikan pada kulit

5.  SARAN PEMAKAIAN
  • Sunblock: Untuk aktivitas olahraga yang berhubungan dengan air, misalnya: berenang karena sifat sunblock yang lebih tahan air dan bila kamu pemilik kulit sensitif sebaiknya menggunakan sunblock, karena beberapa bahan aktif sunscreen seperti avobenzene dan oxybenzene memiliki kecenderungan untuk mengiritasi kulit. 
  • Sunscreen: Untuk kamu pengguna make up karena lebih ringan dan mudah menyerap

6. CONTOH PRODUK


Post a Comment

1 Comments

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete

Close Menu