Ad Code

Responsive Advertisement

THESIS ORAL PRESENTATION

Alhamdulillahirabbil'alamin, today is friday, 31 March 2017. Finally,, I get my thesis oral presentation...Senang banget gak tau bilang rasa senangnya itu kayak membuat aku lupa gimana cara untuk sedih ataupun marah. Sungguh tadi pagi aku agak sedikit kurang lucky, ruang sidang aku berganti-ganti dan masalahnya lagi beda lantai yang membuat aku lelah naik turun tangga dengan bawak barang yang begitu banyak dan aku hanya dibantu ama satu temen aku yaitu Syuqaira yang kebetulan bisa nemeni aku dari pagi (makasih syuqeyku). Pertama di bilang ruang sidang aku di lantai satu, aku pun udah set kursi, tarok kue dan minumannya di tiap meja penguji dan pembimbing, tisu diatas meja, proyektor udah di pasang dan masalahnya lagi laptop aku gak bisa konek ke proyektor karena kabel proyektor di laptop aku harus yang kecil dan itu gak ada. So, pertama aku mau pinjam kabelnya sama pembimbing satu aku yaitu pak Jol tapi punya pak Jol merek Mac (pokoknya produk apple itulah) jadi gak bisa masuk di laptop aku dan pak Jol itu lagi-lagi marah udah tau orang panik juga tapi nadanya becanda sih "Gak osah sidang aja kamu, pinjem laptop temenmu aja sana". Akhirnya aku minjem laptopnya Dara qutni (makasih Dara). Laptop pun udah dapat dan aku tetap pakek laptop aku sendiri juga jadi dua laptop di meja presenter. Gak lama, temen aku, Arif, datang bawain nasi kotak untuk dosen yang tadi aku titip untuk diambil sekalian ama Dira dan Yanti (makasih cantiks) dan akupun berniat ngantarin kue kotak pya Dira yang tadi aku ambilin (ceritanya saling membantu) ke lantai 2. 

Begitu aku turun, tiba-tiba aku uda dibilang kalo sidangnya di lantai 2 karena pak Jol paralel, jadi pembimbing aku dan penguji Dira dan kami mulai di jam yang sama. It's oke, berkemas lagi dan naik ke atas dibantu dengan Syuqey dan bang Wandi. Di atas aku ngulang lagi nyetel dan susun semuanya dari awal. Tak lama, 2 dosen pembimbingku tercinta datang dengan wajahnya yang sumringah yang bikin aku makin ketakutan seakan aku ini mau dioperasi tanpa dibius sama sekali. Tapi kehadiran keduanya tidak dibarengi dengan 2 pengujiku, pak Jol langsung menelpon mereka dengan HP applenya yang beliau bilang keren wkwkwk dan do you know something? Ruang sidang aku diganti ke bawah karena ada kondisi yang salah keg gitulah pak Jol bilang, hah? aku harus turun lagi dan barang aku banyak dan Syuqey tadi bilang dia mau keluar setelah aku udah masok ruang sidang karena dia mau beli sesuatu buat aku. Duh beneran aku mau nangis dengan nada kecil aku bilang ke pak Jol "pak, temen saya udah pergi. Susah sikit kalo saya harus turun lagi dengan bawa semua ini" aku yakin banget pak Jol pasti cuek aja dan ya ini derita gue gitu ya...ternyata enggak guys :'). Pak Jol bilang tenang ada orang Reja biar saya panggilkan mereka untuk bantu kamu. Ya allah aku terharu banget, hati aku kayak disiram kebahagian. Dengan sigap tim boyband kampus ini langsung datang buat ngebantu aku. Pak Jol berbicara "Tolong ya reja dan kawan-kawan, bantu kakak ini sebentar", pak kami seleting sahut kami kompak. "Hah masak?kok tua ya mukak dia" aku  kira pak Jol menunjuk kata 'dia' untuk orang lain ternyata buat aku permirsah. "Pak jol........KENAPA SIH BAPAK JAHAT BANGET SAMA SAYA?????" dan si pak Jol malah nyengir sambil kasih tangan buat Hi5 ama aku.

Banyak lho teman2, pak Jol ini mengiris hati saya,, berikut kesaksiaannya :'(
1. Awal mula bertemu beliau di kelas Introducing to Linguistik. Terus aku tertarik ama pelajarannya dan tiap selesai dijelasin aku ngomong gitu ke temen sebelah tentang pelajaran tersebut. Dan ni dosen langsung marah-marah. Beberapa pertemuan berlalu, tiba-tiba di suatu pertemuan bapak ini malah udah punya julukan buat aku, katanya aku mirip Fir'aun. WHAT? aku marah dong. terus diperjelas lagi 'iya..dia mirip Fir'aun, terkenal, siapa sih yang gak kenal dia? tapi dalam kejelekan, dia terkenal karena sering ngomong saat saya menjelaskan sesuatu'. ckckck. Belum habis sampai disitu, pas ujian final mata kuliah itu. Aku ngambil stipo pya aku sendiri di meja sebelah aku dan pak Jol langsung kasih aku pilihan; pindah ke depan atau keluar dari ruangan sekarang juga dan tentu saja aku milih pindah ke depan. Dan lalu nilai aku klo gak salah B sedangkan teman lain A. Hari itu aku berjanji gak mau lagi ambil mata kuliah ama beliau. Tapi ternyata sih aku malah ngambil lagi mata kuliah ama beliau karena jadwalnya pas. Kali ini aku pengen merubah sedikit sikap aku yaitu lebih nurut dan menghindari berbicara saat beliau menerangkan. Masih hampir sama juga sikap pak Jol ke aku kayak dulu tapi kali ini aku meresponnya lebih diam aja dan nurut aja karena beliau adalah orang yang harus saya hormati dan hargai. Akupun berusaha keras untuk buat tugas final dengan sangat baik dan alhamdulillah nilainya A :').

2. Pemindahan dosen wali. Aku yang awalnya dengan miss. Yuliana malah dipindahkan dan dipengumuman ditulis diganti dengan beliau. WHAT? tapi waktu lihat di KRS masih miss. Yul. Terus aku tanyak ke prodi untuk kejelasannya dan besoknya diganti dengan pak Jol. waktu aku mau minta ttd, you know what he said "ih.., kamu kan murid yang cerewet itukan?. ih males saya jadi dosen walikamu" lagi-lagi ya pak tapi aku gak mau kalah "ih saya andai bisa gak sama bapak juga pengennya gitu kok" tapi sambil merepet-repet kertas aku diteken juga,,huft.

3. kesel2 tapi aku pilih juga jadi pembimbing dan bapak itu juga palak2 ama aku tapi mau juga telpon ketua prodi untuk minta dirinya ditunjuk sebagai pembimbing aku. Dan selama konsul aku sering bawa laptop dan keselnya, laptop aku dikatain tetanus. Emang sih bentuknya agak sengkrak tapi aku suka aja bawanya karena kecil padahal di rumah ada yang bagusan dikit. Dan itu laptop sempat patah karena bapak itu tarik layarnya terlalu kencang (and he didn't know that). Tapi emang uda rusak juga sih, yasudahlah...Tapi aku kesel di hina terus laptopnya,, alhasil aku beli laptop baru juga. Berkat bapak ni...makasih ya pak.

Tapi sebenarnya aku kesel iya tapi justru seru-seru aja sih ama pak Jol. Pak Jol tu seru dan banyak ngejek untuk becanda aja tapi kayaknya beneran sih :(. Tapi kayak yang dia selalu bilang, dia bukan ngejek tapi hanya mengatakan yang sebenarnya.  So, it's okelah pak bila memang begitu...saya legowo toh bapak saya hina balik gak marah wkwkwk. Itu baru namanya seru hehehehe. Lanjut ke pindah-pindah ruang sidang. Aku rasanya mau berterima kasih banget ama boyband kampus yang udah bantuin aku nurunin barang dan mereka juga yang pasang kembali semua-semuanya sampe aku bahkan gak diperbolehkan geser meja, aku mereka suruh duduk aja. Thank you the hero of my day, reza, arif, bg amed, dan nuris :). Akhirnya tak lama kemudian miss. yunisrina and miss. ika memasuki ruangan. Sidang di mulai~

 So, begini aku membuka sidang aku. Ini aku adapt dari videonya Dj arie (makasih Dj arie, selalu upload video yang bermanfaat kayak gini ya..). Cekidot mana tau kalian perlu;

THERE ARE FOUR STEPS:

1.Gratitude to God Almighty
Ucapan Syukur kepada Tuhan yang Maha Esa

Alhamdulillahirabbil’alamin, all praise is due to Allah SWT, lord of the world, for all the grace and guidance that are given to us so that today we can be together in this glorious room. Thank you for allow me to do my thesis oral presentation

Alhamdulillahirabbil’alamin salam sejahtera untuk kita semua. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah yang diberikan-Nya kepada kita semua sehingga hari ini kita bisa bersama-sama berada di ruangan yang mulia ini. Terima kasih telah mempersilakan saya untuk sidang tugas akhir/ skirpsi.

2. Ucapan terima kasih kepada dewan penguji
And also thanks to my examiners; miss. Yunisrina and ms.Ika Aprianti Fata and also my supervisors, mr. zulfadli aziz and miss.diana. (if you cannot remember it, you can bring a cue card)

Terima kasih juga untuk dewan penguji. Yang bertindak sebagai dewan penguji adalah bla2 dan bla2 (bila tidak hapal bawa contekan, boleh kok).

3.   Memperkenalkan diri dan judul presentasi
Today is Friday, 31st March, 2017 will be held thesis oral presentation. My name is Maizura and the title of my study is analysis of Bahasa Indonesia - English code mixing in the Aplaus magazine.

Hari ini jum'at tanggal 31 maret 2017 akan dilaksanakan ujian sidang sarjana. Perkenalkan nama saya Maizura dengan judul presentasi Analisis kode campur Bahasa Indonesia-English di majalah Aplaus

4. Daftar isi
At this time, there are three things that I will present in this presentation:
-       First is about the reason of why I take this title that includes research background, research problem, research objective, research significance, and research scope.
-     Second is about the research method that includes type of research, source and kind of data, research instrument, technique of data collection and technique of data analysis.
-      Third that I will present in this presentation is the result of my study which contains the findings during the study.

Pada kali ini ada 3 hal yang akan saya sampaikan dalam presentasi ini, yaitu:
-    Pertama, tentang alasan pemilihan judul mencakup latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penelitian.
-      Kedua, tentang metode penelitian dan yang mencakup jenis penelitian, subjek penelitian, variable penelitian, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data.
-      Ketiga yang akan saya sampaikan pada presentasi ini adalah hasil penelitian yang akan memaparkan hasil temuan selama melakukan penelitian.

Actually, my examiners and my supervisors don't say anything about my performance. They just focus on the content of my thesis. But, I feel so satisfied with it. Oiya, I also get some tips from my friend, Nuris, thank you very much Nuris. He said that I have to be enthusiastic and keep smiling during presentation. And, I did it.

Ok, that's all from me. Aku harap postingan ini sangat membantu buat kalian-kalian yang mau sidang. good luck!

(pak jol - miss ika - ME - miss yun -miss nana





Since 2009 ya beib :*

mak Nis and mak Ca. Dan mereka manggil aku mak Zu. Jadi emak2lah kita semua

Satu poto ga cukuplah ya. Ok, full body sekali with my mamak-mamak again :*

My lovely supervisors. Thank you miss nana yang cantik dan pak Jol yang merasa ganteng ahahahha

Bersama partner berantem (pak Jol, dosen fenomenal nich :P)

Post a Comment

0 Comments

Close Menu